Minggu, 12 Juni 2016

Manfaat Memakan Buah Kurma disaat Berbuka Puasa



Buah kurma sangat identik dengan datangnya bulan suci Ramadhan. Buah yang satu ini merupakan buah yang dianjurkan oleh Rasulullah untuk menu berbuka puasa dengan memakan sebanyak tiga buah kurma. Rasanya yang manis dapat memberikan sumber energi yang hilang setelah berpuasa seharian. Selain itu mengonsumsi buah kurma pada saat berbuka puasa juga membuat perut menjadi cepat kenyang, sehingga dapat membantu Anda dalam mengontrol nafsu makan agar tidak makan berlebihan.
Buah kurma ini sangat bermanfaat bagi tubuh karena mengandung protein, mineral, lemak,dan vitamin A, B2, B12. Dengan banyaknya kandungan yang ada pada buah kurma, maka tak heran jika buah kurma memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan seseorang setelah menjalani puasa. Nah untuk lebih jelasnya lagi yuk simak beberapa penjelasan mengenai manfaat buah kurma pada kesehatan tubuh.
1.      1. Sebagai sumber energi
Kandungan glukosa yang sangat tinggi pada buah kurma merupakan sumber energi yang dapat membantu tubuh kembali segar setelah seharian berpuasa. Maka dengan mengonsumsi buah kurma pada saat berbuka itu sangat dianjurkan. Namun tidak dianjurkan untuk seseorang yang mempunyai riwayat diabetes, karena kandungan glukosa yang terdapat pada buah kurma sangat tidak baik untuk pendrita diabetes.
2.      2. Mencegah sembelit
Sudah tak heran lagi memang ketika berbuka puasa orang banyak mengalami masalah dalam pencernaan seperti sembelit. Namun ketika mengonsumsi buah kurma disaatberbuka pusa secara rutin dapat mencegah terjadinya sembelit. Hal itu dikarenakan di dalam buah kurma mengandung kandungan tinggi serat yang sangat efektif sekali dalam mengatasi masalah pencernaan yaitu sembelit.
3.      3. Menjaga kondisi pencernaan
Ketika menjalani ibadah puasa, tentu saja perut dalam keadaan kosong selama beberapa jam. Jika diharuskan untuk menyantap makanan yang berat seperti nasi dan lauk lainnya tentu akan mengagetkan kondisi perut tersebut sehingga mengganggu pencernaan. Maka dianjurkan ketika berbuka puasa hendaklah memakan buah kurma karena buah kurma sangat mudah dicerna. Dengan begitu pencernaan Anda tidak akan mengalami masalah selama menjalankan ibadah puasa satu bulan lamanya.

Oke guys, itulah yang dapat Selly jelaskan mengenai beberapa manfaat memakan buah kurma ketika berbuka puasa. Semoga bermanfaat yah ...

1 komentar: